Bunga Rosella





Bunga Rosela dikenal masyarakat dengan nama Rosela, Rosella atau Roselle (Hisbiscus sabdariffa L.). Nama Lain rosela antara lain: Hibiscus Sabdariffa L., H. Sabdariffa varaltissima, Red Sorrel, Sour-sour, Lemon bush, Florida cranberry, Oseille rouge (Perancis), Quimbombo Chino (Sepanyol), Karkad (Afrika Utara), Bisap (Senegal). Di Malaysia, Rosela juga disebut Asam paya, Asam kumbang atau Asam susur, merupakan tumbuhan yang mempunyai keluarga yang sama dengan bunga raya/sepatu (Hibiscus rosasinensis).  Tumbuhan Rosela ini semula diperkenalkan di Malaysia sejak lebih dari tiga abat yang lampau. Di India Barat disebut dengan Jamaican Sorrel.
Terdapat dua jenis bunga Rosela yaitu bunga rosela merah dengan bunga rosela ungu (unguh) yaitu dari rasa dan manfaatnya. Bunga rosela unguh rasanya lebih nikmat serta manfaaatnya lebih bagus.  Bunga rosela unguh lebih besar dari pada bunga rosela merah.
Banyak kandungan penting dalam kelopak bunga Rosela yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh, seperti vitamin A, B1, B2, C, D, protein, kalsium, magnesium, omega 3, iron, potasium, beta carotene, serta asam esensial. Kelopak bunga Rosela juga mengandung arginin dan legnin yang berperan dalam proses peremajaan sel tubuh. Bahan penting lainnya yang terkandung dalam kelompak bunga Rosela antara lain, Gossy peptin, anthocyanin dan glucoside hibiscin.

Banyak penelitian yang telah dilakukan untuk mengetahui manfaat bunga Rosela bagi kesehatan tubuh manusia, baik di universitas-universitas di Indonesia maupun universitas luar negeri. Semua hasil penelitian menunjukkan hasil yang sama yaitu manfaat teh bunga rosella sangat bagus. Dari penelitian terbukti bahwa kelopak bunga Rosela mempunyai efek anti-hipertensi, kram otot dan anti infeksi-bakteri. Dalam eksperimen ditemukan juga bahwa ekstrak kelopak bunga Rosela mengurangi efek alcohol pada tubuh kita, mencegah pembentukan batu ginjal, dan memperlambat pertumbuhan jamur/bakteri/parasit penyebab demam tinggi. Kelopak bunga Rosela juga diketahui membantu melancarkan peredaran darah dengan mengurangi derajat kekentalan darah. Ini terjadi karena asam organic, poly-sakarida dan flavonoid yang terkandung dalam ekstrak kelopak bunga Rosela sebagai Farmakologi. Selain itu yang tidak kalah pentingnya adalah kelopak bunga Rosela mengandung vitamin C dalam kadar tinggi yang berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh manusia terhadap serangan penyakit.

Bunga Rosela berguna untuk mencegah penyakit Kanker dan Radang, mengendalikan tekanan darah, melancarkan peredaran darah dan melancarkan buang air besar. Selain itu juga berfungsi sebagai bahan antiseptik, penambah syahwat, agen astringen. Disamping itu juga banyak digunakan dalam pengobatan tradisional seperti batuk, lesu, demam, tekanan perasaan, gusi berdarah (skurvi) dan mencegah penyakit hati. Ekstrak daripada kuncup bunganya ternyata mampu berfungsi sebagai antispasmodik (penahan kekejangan), antihelmintik dan antibakteria. Selain itu rosella ternyata mampu menurunkan kadar penyerapan alkohol. Daun tumbuhan herba ini juga bisa digunakan untuk merawat luka, penyakit kulit dan gigitan serangga. Di India, biji Rosela digunakan untuk mengobati penyakit kulit, kekurangan darah dan kelesuan.
Oleh karena manfaat yang banyak dalam kandungan bunga Rosela, maka Teh Herbal Bali mengemasnya dalam bentuk teh celup yang praktis dan mudah mudah dibawa ke mana-mana.
Khasiat yang terdapat dalam Teh Herbal BaliBunga Rosela antara lain :
  1. Mebambah gairah SEX dan mengatasi lemah syahwat
  2. Meningkatkan Stamina dan daya tahan tubuh
  3. Bersifat detoksifikasi (menetralkan racun)
  4. Menyembuhkan sakit maag dan tukak lambung
  5. Meredakan batuk kronis dan panas dalam
  6. Menurunkan kadar gula dalam darah bagi penderita diabetes
  7. Menurunkan hipertensi, pusing, dan migren
  8. Menurunkan kadar kolesterol dan asam urat
  9. Mengurangi dampak nikotin atau ketergantungan obat
  10. Mengandung Omega3 untuk meningkatkan pertumbuhan DHA
  11. Melangsingkan tubuh dan menghaluskan kulit