Daun Keji Beling



Keji beling atau orang jawa menyebutnya dengan nama “sambang geteh”, sementara di tanah pasundan dikenal dengan sebutan “remek daging”, “reundeu beureum”, dan orang ternate menyebutnya dengan nama “lire”. Keji Beling bernama latin Stachytarpheta mutabilis, Vahl. Merupakan keluarga Acanthaceae. Nama lain dari Keji Beling antara lain: Strobilantes crispus, Bl. Sericocalyx crispus, (Linn.), Bremek.

Kandungan Keji Beling Tanaman Keji beling mengandung kalsium karbonat dan mineral sangat tinggi, seperti kalium 51%, kalsium 24%, natrium 24%, ferum 1%, fosfor 1%. Selain itu, tanaman ini juga mengandung asam silikat, katekin, tannin dan kafeina yang terdapat pada daun. Kandungan daun keji beling yang lain, diantaranya adalah vitamin C, B1, B2. Kandungan kalium pada tanaman keji beling berfungsi melancarkan kencing dan penghancur batu dalam empedu, ginjal, dan kandung kemih. Adanya kandungan kalsium menyebabkan tanaman ini sangat bermanfaat dalam membantu proses pembekuan darah, mempertahankan fungsi membran sel, serta berperan sebagai katalisator berbagai proses biologi dalam tubuh. Kandungan natriumnya berfungsi meningkatkan cairan ekstra seluler untuk meningkatkan volume darah. Sedangkan asam silikat berfungsi mengikat air, minyak, dan senyawa-senyawa non-polar lainnya. Manfaat Keji Beling Kandungan keji beling seperti disebutkan di atas sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia, terutama untuk mengobati berbagai macam penyakit, dari penyakit berat seperti kanker, ginjal, asma, diabetes melitus atau kencing manis, tumor, dan sebagainya sampai penyakit ringan seperti gatal terkena ulat, semut, dll

Agar memudahkan dalam penggunaannya sebagai minuman obat, daun keji beling dikeringkan dan dibuat teh. Teh herbal keji beling mempunyai khasiat bagi kesehatan dan kesembuhan kita. Penyakit-penyakit yang dapat disembuhkan dengan teh herbal keji beling antara lain :
  1. Batu kandung empedu
  2. Batu ginjal
  3. Kencing batu
  4. Batu kandung kencing
  5. Kencing kurang lancar
  6. Kencing manis
  7. Tumor
  8. Diabetes mellitus
  9. Liver (sakit Kuning)
  10. Kolesterol tinggi
  11. Maag
  12. Sembelit
  13. Wasir
  14. Disentri, diare.