Bunga Kamboja



Bunga Kamboja atau dengan nama latin Plumeria rubra L.cv. Acutifolia, merupakan bunga yang berdaerah asal dari Amirika tropik dan Afrika, masuk dalam keluarga Apocynaceae. Bunga kamboja yang memiliki nama latin Plumeria rubra L.cv. Acutifolia, diambil dari nama orang Prancis yaitu Charles Plumier, yang pertama kali menemukan tumbuhan ini saat melakukan perjalanan ke Amerika pada abad ke 16. Nama lain dari kamboja antara lain Plumeria acuminata, Ait. P. acuminata, Roxb.P. acutifolia, Poir.P. alba, Blanco.P.obtusa, Lour. P. rubra, Linn, from acutifolia Woods. P. rubra, Linn. var. acutifolia (Poir) Bailey. Nama lokal tanaman ini antara lain: Kamboja (Indonesia), Semboja (Jawa), Bunga Jebun (Bali), Samoja, Kamoja ( Sunda ), Bunga lomilate ( Gorontalo ), Campaka molja/ bakul ( Madura ), Pandam ( Minangkabau ), Karasuti, Kolosusu, Tintis ( Minahasa ), Capaka kubu ( Tidore ). Ada yang menyebutnya: pagoda, snow white, orchide, pink a lady, leopard, star, moonlight sassy, Jamaica sassy, orange beauty, hawaian pink, white dandy, white pranjipane, Singapore sling, tahity pink beauty, red bloot, sdm gambee, pixy mermaid dan masih banyak lagi nama sesuai dengan warnanya.

Getah Pohon Kamboja (Plumeria acuminata) mengandung senyawa sejenis karet, triterpenoid amyrin, lupeol, kautscuk dan damar. Kandungan minyak menguapnya terdiri dari geraniol, sitronellol, linallol, farnesol dan fenetilalkohol. Selain itu getah dari bunga kamboja ini mempunyai kandungan antiseptic yang sanggup luka borok yang parah.
Namun khasiat utama dari tanaman ini justru terletak pada bunganya. Untuk menggunakan dengan praktis dan mudah, bunga kamboja dikeringkan dan dikonsumsi sebagai teh, lebih praktis lagi bila dikemas dalam bentuk teh celup herbal. Teh herbal bungakamboja berguna untuk kesehatan kita yaitu untuk mencegah dan mengobati berbagai penyakit antara lain:
-       mengobati luka dalam tubuh,
-       menghambat pertumbuhan kanker paru-paru,
-       mencegah rematik atau asam urat,
-       menyembuhkan gonorhoea (kencing nanah),
-       menurunkan panas dan demam,
-       menghentikan batuk dan radang tenggorokan ataupun gusi,
-       mengatasi bibir pecah-pecah,
-       mengatasi gangguan pencernaan,
-       melancarkan keluar air seni, meningkatkan nafsu makan.