Daun Sirsak

Teh Daun Sirsak


Di negara kita sendiri buah sirsak dikenal dengan berbagai sebutan yaitu nangka sebrang, nangka landa (Jawa), nangka walanda, sirsak (Sunda), nangka buris (Madura), srikaya jawa (Bali), deureuyan belanda (Aceh), durio ulondro (Nias), durian betawi (Minangkabau), serta jambu landa (di Lampung). Penyebutan "belanda" dan variasinya menunjukkan bahwa sirsak (dari bahasa Belanda: zuurzak, berarti "kantung asam") menandakan bahwa buah ini masuk ke Indonesia pada masa pemerintah kolonial Hindia-Belanda menginfasi Nusantara pada abad ke-19. Berikut ini adalah manfaat buah dan daun sirsak untuk pengobatan dan kesehatan.

Daun sirsak (graviola) mengandung zat anti kanker yang disebut Annonaceous Acetogenin, yang bisa membunuh sel-sel kanker tanpa mengganggu sel-sel sehat lain dalam tubuh manusia. Menurut penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari Purdue University Amerika Serikat, menyatakan bahwa daun sirsak ini memiliki kandungan yang sangat baik untuk pengobatan berbagai macam penyakit terutama penyakit kanker. Pada penelitian tersebut membuhktikan bahwa daun sirsak mampu menghambat pertumbuhan sel kanker. Adapun beberapa jenis kanker yang diklaim dapat diobati adalah kanker payudara, kanker prostat, kanker paru-paru dan 12 jenis kanker lainya.

Daun sirsak dikeringkan dan dibuat teh herbal, diminum sehari-hari seperti minum teh biasa. Lebih praktis lagi bila dikemas dalam bentuk teh celup herbal. Teh herbal daun sirsak sangat berkhasiat bagi kesehatan. Berbagai penyakit bisa disembuhkan dengan minum teh herbal daun sirsak, yaitu :
  1. Menghambat pertumbuhan semua jenis Kanker
  2. Mengobati Asam Urat
  3. Mengobati Sakit Pinggang.
  4. Meningkatkan system kekebalan tubuh dan menghindari infeksi.
  5. Mengobati Eksim dan Rematik.

Cara Kerja Teh Daun Sirsak Dalam Melawan Kanker

Keampuhan teh daun sirsak dalam melawan sel kanker kini semakin dikenal orang. Dari penelitian aboratorium Health Sciences Institute, Amerika Serikat di bawah pengawasan the National Cancer Institute, Amerika Serikat, membuktikan teh daun sirsak mampu melawan sel kanker 10.000 kali daripada zat adriamycin, yang biasa dipakai dalam pengobatan kemoterapi. Hal ini dikarenakan teh daun sirsak mengandung zat acetogenins yg ampuh melawan berbagai jenis kanker seperti kanker usus, tiroid, prostat, paru-paru, payudara, dan pankreas bahkan penyakit ambeien tanpa merusak atau mengganggu sel-sel tubuh yang sehat.

Reaksi hasil penggunaan teh daun sirsak sudah dapat dirasakan dalam 3-7 hari pemakaian dengan dosis 3 kali sehari. Namun dalam kasus lain ada juga yg merasakan reaksinya dalam 1 bulan pemakaian secara rutin. Lebih bijaksana bila anda memeriksakan kondisi penyakit sebelum pemakaian dan satu bulan setelah pemakaian rutin 3 kali sehari. Apabila  teh daun sirsak tidak bereaksi bagi penyakit anda, maka konsumsi teh daun sirsak bisa anda tinggalkan.